Minggu, 29 Mei 2011

Museum Satria Mandala

Sebagai Warga Indonesia saya sangat bersyukur karena kita dapat menjalankan aktivitas kita sehari-hari dengan nyaman dan tenteram. Padahal beberapa tahun yang lalu Indonesia masih terbelenggu oleh para penjajah. Namun Bangsa Indonesia mempunyai semangat kebangsaan yang tinggi sehingga mereka dapat bersatu dan berhasil mengusir para penjajah keluar dari Negara Indonesia yang kita cintai ini. Mau tau sejarah perjuangan mereka ? Teman-teman dapat mengunjungi Suatu museum yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta yang bernama “Museum Satria Mandala”.








Museum yang diresmikan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto ini awalnya adalah rumah dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia, Soekarno, yaitu istrinya yang bernama Ratna Sari Dewi Soekarno. Dalam museum ini dapat ditemui berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau sampai modern seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam, bahkan helicopter.
            Selain itu museum ini juga menyimpan berbagai berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan TNI seperti aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI. Selain itu di museum ini dipamerkan juga tandu yang dipergunakan untuk mengusung Panglima Besar Jenderal Soedirman saat beliau bergerilya dalam keadaan sakit melawan pendudukan kembali Belanda pada era 1940-an.
            Masih dalam kompleks Museum TNI Satriamandala ini terdapat juga Museum Waspada Purbawisesa yang menampilkan diorama ketika TNI bersama-sama dengan rakyat menumpas gerombolan separatis DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan pada era tahun 1960-an.
            Pokoknya disini tersedia cukup lengkap tentang sejarah perjuangan para pahlawan yang berjuang di masa lalu. Lumayan kan buat tambah pengetahuan teman-teman. Tetap kunjungi Blog kami untuk mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. See you later ^_^.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar